Blog Pemberi Pengetahuan

Smart Campus

2 comments

Sebelum saya membuat artikel ini, saya sebelumnya mencari tahu apa itu Smart Campus. Banyak persepsi tentang smart campus. Sebenarnya seperti apa sih kampus yang smart? Dalam bayangan saya, kampus cerdas adalah kampus yang dapat mencerdaskan mahasiswanya tanpa perlu ada dosen. Semuanya diatur oleh sistem IT, sehingga mahasiswa masuk kampus,  ketika keluar mahasiswa sudah cerdas. Cuman bagaimana membuat sistem yang dapat mencerdaskan mahasiswa ?

Gedung Universitas Darma Persada

Kampus cerdas dalam pengertian orang awam kebanyakan adalah kampus yang terdiri dari mahasiswa- mahasiswa yang pintar atau dosen- dosen yang mencerdaskan peserta didiknya. Tetapi dalam kenyataan sebenarnya, kampus cerdas hanya memadukan sistem pembelajaran dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, sebagai salah satu pemeran penting dalam proses pencerdasan peserta didik. Smart Campus memiliki semua fasilitas Teknologi Informasi yang relatif lengkap, misalnya e-learning, e-library, e-journal, paper repository, student digital locker, dan berbagai layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi lainnya.


Dampak positif adanya Smart Campus yaitu, proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan mudah. Semua bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Semua serba digital. Tiada yang memungkiri bahwa sistem pembelajaran seperti ini membuat mahasiswa bisa mengakses semua kegiatan perkuliahan, melihat nilai, ataupun materi perkuliahan hanya dengan mengklik di layar laptop. Semua bisa diakses dengan mudah.


Kalau kita tanyakan mbah Google,  ternyata ada banyak contoh kampus cerdas, misalnya :


Bagaimana menurut anda ? smart campus yang anda inginkan seperti apa?


Sumber :

2 comments :

  1. smart campus dimana-mana ya sekarang


    www.ittelkom-sby.ac.id

    ReplyDelete
  2. Smart campus yah smart student yang bisa memanfaatkan era digital dalam dunia kerja. Saya jg ungkapkan dalam tulisa saya ini. Silahkan dikunjungi
    https://chemistrymilenial.blogspot.com/2020/04/inovasimahasiswa-dalam-membekali.html

    ReplyDelete